Jumat, 16 September 2011

udara yang nyaman dan menenangkan

Hidup pukulan panas dan dingin, jadi sepertinya aneh tepat bahwa berbicara dengan seorang pria yang tahu orang yang menemukan penyejuk udara harus dilakukan dengan cara kuno, luar, pada hari beruap di Skokie, duduk di sepetak teduh, di bawah atap menjorok dari gudang. Masa lalu, kembali. Panas. Lengket. `` Ya, aku tahu `Kepala, ``` kata William Bodinus, menetap ke sebuah kursi plastik putih untuk berbicara tentang teman lama dan majikan, Willis Haviland Pengangkut, seorang insinyur muda yang, pada tahun 1902, satu tahun keluar dari Cornell University , menemukan penyejuk udara dan berubah (atau lebih tepatnya, dikeringkan) wajah Amerika. Seorang insinyur mekanik, Bodinus, sekarang 82, Carrier pergi ketika dia adalah 65 dan menjadi ketua dewan di EH Gustafson & Co, sebuah perusahaan manufaktur yang memasok spesialisasi tubing dan lainnya untuk industri sewa AC. Enam minggu lalu, setengah tanaman Skokie nya terbakar, tapi itu `tidak cukup-dia` s kembali-untuk mencegah seorang pria yang pernah lari Pembawa `s operasi dari Pittsburgh ke Hawaii.


Bahwa banyak `sa udara dingin, membawa bantuan dari panas terik ke negara di mana suhu telah menjulang melebihi 100 derajat di setiap negara bagian, termasuk Alaska, naik ke 134 di California, untuk 127 di Arizona dan-pada 24 Juli 1934, pada 4 sore, waktu yang hidup di api keburukan-sampai 105 derajat di Chicago, saat terpanas yang pernah tercatat di kota `s menggemparkan 154-tahun sejarah.

Empat puluh orang meninggal minggu yang dari sujud panas, panas yang berhubungan dengan serangan jantung dan surya lain yang disebabkan penyakit. Ribuan tidur di pantai. Banyak melarikan diri ke Abad eksposisi Kemajuan mana, sebagai Bodinus ingat, beberapa restoran, termasuk Heidelberg, dan bagian dari Jalan Paris tengah membual bahwa penemuan bermodel: penyejuk udara. Lain pergi ke bioskop, suatu bentuk seni yang berutang popularitasnya massa sebagian keputusan awal dengan mogul Hollywood untuk udara dingin istana film mereka. Itu adalah, pintar mungkin industri hemat, bergerak. `` Sebelum penyejuk udara, `` seorang penulis di majalah American Heritage baru ingat, `` rumah film dan ruang konser akan menutup ketika terlalu panas. Selain itu, produktivitas akan turun drastis `` Pekerja berangkat pagi, jika mereka datang sama sekali, `` dan di beberapa tempat, seperti Washington, DC, bisnis akan mencair sama sekali.. ``

Di Chicago, tua-timer ingat, musim panas adalah saat ketika nuansa ditarik. Leher yang dibungkus dengan saputangan basah. Orang-orang mengerumuni meja penggemar bising. Atau mereka berkemah di diputar-di beranda, jika mereka cukup beruntung untuk memiliki satu. Atau mereka melarikan diri, utara atau timur ke Wisconsin ke bukit Indiana.

Kelahiran keren

Di sanalah masuk Willis Carrier

Sebagai Bodinus menceritakan kisah ini, Willis Carrier menemukan penyejuk udara satu tahun setelah ia pergi untuk bekerja di New York untuk Buffalo Forge Co, pada $ 10 seminggu. Tugas utama pertama adalah mencari tahu bagaimana untuk membantu perusahaan percetakan di Brooklyn, yang mengalami kesulitan dengan empat-warna pencetakan majalah humor, Hakim. Antara berjalan di musim panas, kertas menyusut atau diperluas seperti kelembaban berubah. Tinta berwarna, diterapkan dalam lapisan, gagal untuk mendaftar dengan benar. Gambar dicetak fuzzy. Masalahnya, Carrier menemukan, bukan panas, tapi kelembaban.

Pembawa mengumpulkan perangkat yang bergerak udara di atas pipa didinginkan, mengisap kelembaban lebih sebagai minuman es mengumpulkan embun di luar gelas. Pada tanggal 17 Juli 1902, ia menyelesaikan gambar untuk sistem pengkondisian udara dunia 's pertama ilmiah. Sebagai Pembawa didefinisikan, penyejuk udara memiliki empat fungsi: untuk mengontrol kelembaban, dengan meningkatkan atau menurunkan kelembaban; untuk mengontrol suhu, dengan pemanasan atau pendinginan udara; untuk mengontrol sirkulasi udara dan ventilasi, dan untuk membersihkan udara, dengan mencuci atau penyaringan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar